19 April 2009

Demam Berdarah Di Poso Menjurus Ke KLB



POSO: Penderita demam berdarah dengue atau DBD di Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah meningkat tajam. Bahkan, wabah tersebut menjurus ke kasus luar biasa atau KLB.

Ini terlihat dari jumlah pasien DBD yang terus meningkat dari bulan ke bulan, tercatat pada pertengahan April ini sudah 20 orang penderita DBD yang dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Poso, pada bulan sebelumnya. Yakni Februari tercatat ada 7 pasien dan pada Maret ada 12 pasien DBD.

Kasus DBD di Poso tidak hanya menyerang balita dan anak-anak. Namun, juga banyak orang dewasa yang terjangkit dan dirawat di RSUD Poso.

Kata petugas medis RSUD Poso Yulianti pada Minggu (19/4), jumlah pasien DBD tersebut adalah yang tercatat dirawat di rumah sakit. Adapun, yang tidak sempat dirawat di rumah sakit kemungkinan jumlahnya lebih banyak.

Ia menyebutkan, dengan meningkatnya jumlah penderita DBD dalam tiga bulan terakhir ini berarti menunjukan jika wabah DBD di Poso telah menjurus ke KLB.

Jumlah penderita DBD ini telah dilaporkan RSUD Poso setiap bulannya ke Dinas Kesehatan Poso. Namun, sejauh ini, dinas terkait belum mengambil langkah fogging atau pengasapan untuk mencegah berkembangbiakan jentik-jentik nyamuk aedes aegypti yang merupakan penyebab utama DBD.***

Tidak ada komentar:

Beranda

Mengenai Saya

Foto saya
Poso, Sulawesi Tengah, Indonesia